Cyrptography: The Science of Making and Breaking Codes

Dalam ulasan pertama ini saya akan mengulas mengenai video yang di-upload oleh channel youtube bernama SciShow, di mana judul dari video tersebut adalah “Cyrptography: The Science of Making and Breaking Codes” dan dapat diakses melalui link berikut: http://youtu.be/-yFZGF8FHSg . Video tersebut di-publish pada tanggal 6 Agustus tahun 2015 dan di-host oleh Michael Aranda. Video tersebut juga berdurasi selama 8 menit 20 detik dan telah ditonton lebih dari 587.000 kali.

Dalam video tersebut, host Michael Aranda memberikan penjelasan mengenai kriptografi, yang mana merupakan ilmu dalam membuat dan memecahkan kode. Dalam ilmu kriptografi diperlukan cipher, aturan yang digunakan untuk memecahkan kode, dan key, yaitu penjelasan bagaimana cara untuk mengatur aturan tersebut. Apabila kita tidak memiliki cipher ataupun key untuk memecahkan kode kriptografi, hal yang bisa dilakukan adalah dengan mencoba berbagai kombinasi cara atau menganalisa kode tersebut dari belakang, hal itu disebut deciphering.

Dapat dikatakan bahwa tidak ada kode yang tidak bisa dipecahkan karena setiap kode memiliki cipher dan key tertentu yang mana apabila ada waktu dan data yang cukup, kode tersebut dapat dipecahkan dengan menganalisa cipher dan key yang diperlukan.

Salah satu cipher yang paling terkenal di dunia adalah Caesar Cipher, yang kuncinya adalah dengan melakukan shift pada urutan alfabet. Kemudian ada juga Monoalphabetic Cipher, yang kuncinya adalah menyebar suatu alfabet tertentu untuk menggantikan suatu alfabet lainnya. Lain lagi dengan Polyalphabetic Cipher, yang mengubah suatu alfabet dengan alfabet lain namun pada sekuen tertentu diubah lagi dengan alfabet lain.

Menurut saya video tersebut sangatlah menarik untuk ditonton. Tampilan visual yang tidak membosankan serta pembawaan dari si host yang tidak kaku membuat saya tidak bosan menontonnya. Host dalam video tersebut dapat menjelaskan mengenai kriptografi dengan cara yang simpel dan mudah dimengerti, sehingga membuat saya semakin tertarik dan penasaran dengan ilmu kriptografi.

GITHUB Account        : saviraahila
URL ulasan                 : http://saviraahila.blogspot.com/2017/05/ulasan1-cryptography-the-science.html
URL video                   : http://youtu.be/-yFZGF8FHSg (8 menit 20 detik)
Video author               : SciShow
Pemetaan                   : week02
Revisi pertama            : 18 Mei 2017
Revisi terakhir             : 18 Mei 2017

Komentar

Postingan Populer