How do hard drives work?

Dalam ulasan kedua ini saya akan mengulas mengenai video berjudul “How do hard drives work?” yang di-publish oleh youtube channel bernama TED-Ed. Materi dalam video tersebut dibuat oleh Kenawat Senanan dan dinarasikan oleh Addison Anderson. Video berdurasi 5 menit 11 detik tersebut di-upload pada tanggal 29 Oktober 2015 dan telah ditonton sebanyak lebih dari 515.000 kali.

Dalam video tersebut dijelaskan bagaimana hard drives yang merupakan salah satu memory storage di komputer bekerja. Hard drive memiliki bentuk yang kecil namun dapat menyimpan data yang jauh lebih banyak dibanding perpustakaan lokal. Hard drive merupakan tumpukan dari disc yang berputar dalam kecepatan tinggi yang setiap disc nya memiliki recording head di atasnya. Setiap disc dilapisi oleh microscopic magnetized metal grains. Data yang tersimpan dalam disc tersebut berbentuk pola magnetis.

Ketika data sudah tertulis di dalam disc, drive menggunakan magnetic reader untuk mengubah data-data tersebut menjadi informasi yang dapat dicerna. Kunci utama dalam perkembangan hard drive adalah bagaimana caranya untuk meningkatkan areal density dalam sebuah disc. Pada zaman ini, areal density dalam hard drive mencapai 600GB/in2, berbeda jauh dengan hard drive pada tahun 1957 yaitu hanya 0.000002 GB/in2.

Menurut saya video ini memiliki konten yang sangat menarik karena dalam waktu yang singkat, pembuat video dapat memberikan penjelasan mengenai cara hard drive bekerja, bagaimana suatu benda yang hanya seukuran telapak tangan kita dapat menyimpan banyak sekali data dan informasi. Terlebih lagi video ini didukung oleh visual yang representatif dan narasi yang bagus sehingga semakin meningkatkan ketertarikan saya untuk menelaah lebih lanjut mengenai video ini.

GITHUB Account        : saviraahila
URL ulasan                 : http://saviraahila.blogspot.com/2017/05/ulasan2-how-do-hard-drives-work.html
URL video                   : http://youtu.be/wteUW2sL7bc (5 menit 11 detik)
Video author                : TED-ed
Pemetaan                   : week05
Revisi pertama            : 19 Mei 2017
Revisi terakhir             : 19 Mei 2017

Komentar

Posting Komentar

Postingan Populer